Total Tayangan Halaman

Kamis, 30 Januari 2014

Medali Perang "Voor Krijgsverrigtingen" Circa 1869





Medali "Voor Krijgsverrigtingen" Circa 1869

Medali ini dikenal dengan nama Ekspedisi Lintas "Expeditiekruis" secara resmi dikenal sebagai Salib untuk Operasi Penting Militer Kerajaan Belanda dalam bahasa Belanda dikenal dengan istilah "Ereteken voor Belangrijke Krijgsbedrijven". Dibuat melalui Dekrit Kerajaan pada tanggal 19 Februari 1869, oleh Raja William III, dan Medali tersebut diberikan untuk partisipasi dalam operasi militer besar antara tahun 1846 s/d 1942.

King William III

Ekspedisi Lintas adalah perak lintas logam empat bersenjata dengan ukuran diameter medali 39 mm atau 1,5 inci. Pada bagian depan terdapat gambar Raja William III dibagian tengah, dimana dikelilingi oleh garter dengan tulisan Voor Krijgsverrigtingen (untuk operasi militer). Antara lengan salib adalah karangan bunga dari daun oak. Pada masing-masing empat lengan terdapat huruf "W" monogram.

Berikut sekilas informasi mengenai medali tersebut :

Medali ini walaupun ada kekurangannya dimana pita pada medali sudah hilang atau tidak ada, namun medai ini cukup jarang dijumpai, sehingga saya menyimpannya untuk sekedar menjadi barang koleksi. 

Hal tersebut karena medali ini ada hubungannya dengan sejarah Indonesia pada masa itu, untuk mendapatkan tanda jasa ini yang bersangkutan setidaknya pernah terlibat partisipasi dalam operasi militer diwilayah Ned Indie, seperti Bali, Borneo, Deli, Aceh, Jambi, Timor dll.

Keterangan : SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar